Selasa, 04 Agustus 2009

Tak Gendong Tak Lagi Kemana-mana


Siapa yang tidak kenal dengan Mbah Surip? Nama sosok seniman itu telah melekat di hati penikmat musik tanah air, mulai dari balita hingga orang dewasa. Betapa tidak, Mbah Surip yang dikenal dengan lagu "Tak Gendong" ini sudah sering tampil di layar kaca dan sudah mengadakan konser ke beberapa daerah di tanah air. Namun, sejak pukul 10.30 pagi tadi, Mbah Surip telah meninggalkan ribuan penggemarnya menghadap ke haribaan Ilahi.

Kepergian Mbah Surip yang secara tiba-tiba itu seakan menyihir para penggemarnya. Berita yang disiarkan di layar kaca seperti mimpi di siang bolong. Seakan tak percaya, tapi itulah fakta yang harus diterima. Toh, Mbah Surip juga muncul di belantika musik tanah air secara tiba-tiba.

Mbah Surip tak lagi kemana-mana, seperti yang dipopulerkan dalam lagunya. Tujuan perjalanannya tinggal satu, yakni menghadap yang Satu. Mbah Surip tidak akan tidur lagi, tidur lagi, ..., sebab dia tidak akan lagi bangun dari tidur panjangnya. Toh, orang yang tidur lagi, tidur lagi, ..., harus bangun dulu dari tidurnya, kemudian tidur lagi. Tapi itu tidaklah berlaku bagi Mbah Surip.

Sebuah ukiran perjalanan akhir hayat yang unik dari seorang seniman seperti Mbah Surip. Sebelum meninggal, Mbah Surip menginap di rumah sahabatnya, Mamik Prakoso, yang dikenal sebagai seorang pelawak. Tidak hanya itu, jenazah Mbah Surip akan disemayamkan di sebuah pusat pengembangan kesenian, yakni Bengkel Teater Rendra.

Selamat jalan, Mbah Surip!
Semoga suara yang telah engkau tinggalkan akan terus menjadi pengantar tidur si bocah, nada dering remaja, dan tembang kenangan si tua. (afrat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah membaca isi blog ini.