Selasa, 29 Desember 2009

Ambalan Hasanuddin-Kartini Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas

Ambalan Hasanuddin-Kartini yang berpangkalan di SMA Negeri 1 Sengkang dengan nomor Gudep 14.083-14.086 kembali mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan organisasi baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk Persami pada tanggal 26 s.d. 27 Desember 2009 ini merangkaikan beberapa agenda kegiatan, di antaranya Penerimaan Tamu Ambalan, Upacara Unggun Api, malam kanyita, Sidang Dewan Kehormatan Kenaikan Tingkat dari Penegak Bantara ke Penegak Laksana, dan kegiatan yang tidak biasanya dilaksanakan selama ini yakni Pertemuan Alumni Ambalan Has-Kar.

Dalam upacara Penerimaan Tamu Ambalan, Wawan Septiawan selaku Ketua Sangga Kerja memperhadapkan 84 calon peserta kepada Ka Mabigus yang diwakili oleh Drs. H. Abdul Gaffar selaku Pembina Upacara. Ke-84 calon peserta tersebut terdiri dari 29 putra dan 55 putri. Dalam prosesi upacara tersebut, Pembina Upacara menanyakan kepada Pengurus Dewan Ambalan tentang kesediaan para pengurus menerima dan membimbing calon peserta yang diiyakan oleh semua pengurus.

Dalam amanatnya, Pembina Upacara berpesan kepada seluruh pengurus agar dapat membimbing dan mengarahkan calon peserta berdasarkan sistem dan tujuan pendidikan kepramukaan. Selain itu, Pembina Upacara juga berpesan kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan tekun dan disiplin. Pembina Upacara selanjutnya menutup amanatnya dengan pernyataan menerima tamu ambalan yang selanjutnya diserahkan kembali kepada Dewan Ambalan untuk mendapatkan pembinaan.

Setelah prosesi upacara dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan kegiatan Upacara Unggun Api dilanjutkan dengan malam kanyita. Keakraban terlihat kala setiap peseta yang mewakili regu masing-masing menampilkan kreativitas mereka. Tidak hanya itu, pemandu acara pun tidak segan-segan mengundang panitia, pembina, bahkan para alumni yang hadir untuk tampil bernyanyi atau membacakan puisi.

Selepas acara malam kanyita, pembina menggelar Sidang Dewan Kehormatan (SDK) Kenaikan Tingkat dari Penegak Bantara ke Penegak Laksana yang dipimpin oleh Kak Abdullah (Pembina Satuan Penegak Ambalan Hasanuddin). Sidang yang dilaksanakan berjalan alot diselingi humor dan ketegangan yang tampak di wajah peserta sidang. SDK yang digelar ini memperhadapkan 9 (sembilan) calon Penegak Laksana, di antaranya Muhammad Jumardan, Marsul Musyawwir Mardis, Muhammad Ikram, Syafrizal, Nurdin Afandi, Dian Eka Sari, Wahyunaningsih, Irma Suriyani, dan Kasmiriawanti.

Proses persidangan diawali dengan arahan yang disampaikan oleh Kak Zainuddin (Ketua Lemdikacab) yang mewakili Ketua Kwarcab Wajo. Sidang juga dihadiri oleh beberapa unsur Kwarcab lainnya, di antaranya Kak Yusri, Kak Gusti, dan Kak Nawawi. Selain itu, hadir pula unsur-unsur DKC, di antaranya Kak Yunus dan Kak Musfain. Di antara undangan, tampak pula unsur-unsur Mabigus, guru Pendais, wali kelas, dan orang tua peserta didik calon Penegak Laksana.

Persidangan yang sempat diskorsing sebanyak 3 (tiga) kali ini ditutup tepat pukul 04.00 dini hari dengan keputusan ke-9 peserta dinyatakan lulus dan berhak menyandang tanda jabatan Penegak Laksana. Para peserta dilantik usai salat Subuh oleh Kak Yusri mewakili Ka Mabigus. Dalam amanat pelantikan, pembina berpesan kepada para peserta agar dapat menjadi contoh teladan bagi Pramuka yang lain, khususnya dalam lingkup Ambalan Hasanuddin-Kartini.

Menyambut pagi yang indah nan cerah, segenap peserta Persami, baik pengurus, tamu ambalan, maupun pembina menyegarkan otot-otot dengan mengikuti Senam Pramuka. Walau sedikit lucu karena tidak menghafal gerakan-gerakan senam, namun semua peserta merasa senang dan dapat menikmati setiap gerakan hingga akhir senam.

Setelah mengadakan senam, peserta Persami secara resmi dilepas oleh Kak Abdullah. Dalam apel pelepasan, pembina mengingatkan kepada segenap peserta, khususnya para tamu ambalan agar tetap bersemangat mengikuti setiap kegiatan kepramukaan. Pembina menyatakan bahwa kegiatan penerimaan tamu ambalan yang telah dilaksanakan merupakan langkah awal untuk dapat bergabung dengan Ambalan Hasanuddin-Kartini. Hal ini masih memerlukan tindak lanjut dan akan terus dipantau pada proses pelatihan yang akan dimulai pada bulan Januari 2010. Dalam apel itu pun, pembina memberikan motivasi kepada para pengurus ambalan agar dapat meraih tanda jabatan Penegak Laksana. Demikian pula kepada ke-9 Penegak Laksana yang baru dilantik, pembina juga memberikan motivasi agar dapat meraih Penegak Garuda sebelum menyelesaikan pendidikan di SMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda setelah membaca isi blog ini.